Tahapan-tahapan dalam Tata Cara Beli Reksadana

Reksadana mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat, terutama untuk mereka yang hidup di kota-kota besar. Produk investasi ini memang tengah meraih popularitasnya di kalangan para investor yang masih pemula. Bagaimana tidak? Dengan investasi reksadana, Anda tinggal mengawasi saja manajer investasi yang Anda tunjuk untuk menghandle dana yang Anda investasikan. Jadi sama saja dengan kita tidak bermain secara langsung dengan investasi tersebut. Tapi ada banyak orang yang masih belum paham tatacara beli reksadana dan apa saja tahapannya dan ini dapat menimbulkan kerugian karena resiko investasi ini cukup tinggi.

  1. Carilah bank atau manajer investasi yang terbaik.
 
Cara Beli Reksadana BNP Paribas

 
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari-cari informasi mengenai bank atau manajer investasi yang terbaik, di internet misalnya. Nantinya akan muncul beberapa opsi apa saja bank atau lembaga penyedia jasa investasi. Seperti BNB Paribas salah satunya. Mengapa BNP Paribas? Karena BNP Paribas memiliki produk investasi reksadana yang sangat lengkap, baik reksadana konvensional maupun reksadana syariah dan beragam jenis reksadana yang berdasarkan jangka waktunya dari reksadana pasar uang sampai reksadana saham.

  1. Pahami terlebih dahulu prospectus nya.
Setelah Anda memilih manajer investasi yang tepat, kunjungi situs resminya lalu Anda akan menemukan informasi mengenai prospectus. Prospectus berisi semua penjelasan mengenai reksadana. Semacam pedoman bagi para investor reksadana. Isinya antara lain jenis produk reksadana, tentang manajer investasi, tatacara pembelian dan penjualan kembali produk reksadana yang Anda pilih, dan lain-lain. Baca dan pahami dengan sebaik-baiknya.

  1. Buat portofolio lalu transfer dana.
Setelah Anda memilih produk reksadana yang sesuai kebutuhan Anda dan sebelum Anda secara resmi menjadi investor reksadana, Anda akan diminta mengisi formulir pembelian dan membuat portofolio. Portofolio ini penting bagi manager investasi terbaik untuk menyarankan pengalokasian dana investasi. Tahapan terakhir dalam tata cara beli reksadana adalah membuat kesepakatan atau perjanjian dengan manajer investasi lalu Anda tinggal mentransfer sejumlah dana yang sudah disepakati. Setelah itu Anda akan menerima surat konfirmasi kepemilikan sebagai bukti pembelian reksadana.

Komentar

Postingan Populer