Perhatikan Asupan Gizi Anak Saat Musim Penghujan

Asupan Gizi Anak
 
Sebentar lagi musim hujan tiba, banyak penyakit yang bisa dengan mudah menyerang tubuh. Orang dewasa sih lebih mudah dalam menjaga tubuhnya. Tapi bagaimana kalau dengan anak-anak, dimana mereka belum mengerti akan kesehatan. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda lah yang mesti menjaganya. Berikan asupan gizi anak yang tepat agar tahan dan tetap bisa beraktivitas serta tidak gampang sakit kala musim hujan tiba.

Tidak hanya melindunginya ketika hujan, memberikan pakaian hangat, tapi berikan asupan makanan dengan kombinasi nutrisi yang tepat. Sehingga, sistem kekebalan tubuhnya meningkat lalu mampu menghalau beragam jenis virus maupun kuman penyebab penyakit. Nah, berikut ini asupan kaya nutrisi yang dapat Anda berikan kapada si kecil!

Daging merah
Menurut ahli gizi, daging merah mengandung Zinc yang bisa meningkatkan kekebalan atau daya imunitas tubuh. Zinc berguna untuk meningkatkan kecerdasan dan kesehatan mata buah hati Anda. Anda bisa memberikan daging merah, sebagai menu harian si kecil selama musim hujan. Namun, jangan kebanyakan juga ya.

Susu
Selain daging merah, Anda juga harus memperhatikan asupan gizi lainnya. Dokter ahli gizi menganjurkan agar si kecil mengkonsumsi susu setiap hari sebanyak 2 gelas setiap hari. Anda bisa memilih varian dari susu sapi, susu kedelai atau susu formula lainnya yang mengandung antioksidan flavonoid. Zat tersebut dapat meningkatkan imunitas serta mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jadi, benar-benar pilih susu yang kaya akan antioksidan.


Buah dan sayuran
Masih ada asupan gizi anak yang mesti Anda penuhi lainnya. Demi meningkatkan kekebalan tubuh si kecil, Anda juga harus memberinya vitamin dan mineral. Kedua zat ini dapat Anda temukan pada sayur dan buah. Jangan lupa memasukkan bayam, brokoli, kacang panjang atau sayuran lainnya. Selain sayuran, Anda bisa memilih kelompok buah-buahan seperti lemon dan jeruk yang kaya akan vitamin C untuk menguatkan sistem imun tubuh.

Madu
Lengkapilah asupan gizi anak dengan madu karena mengandung protein yang bermanfaat menjaga stamina tubuh buah hati Anda. Berdasarkan penelitian, zat antiobiotik yang terkandung dalam madu bisa melawan bermacam-macam penyakit. Tak hanya itu, madu juga mempercepat pemulihan atas penyakt atau infeksi yang ada pada tubuh.

Jika tubuh si kecil sehat dan kuat maka, virus atau kuman akan sulit masuk dalam tubuh. Jikalau sudah masuk, virus atau kuman tidak mampu bereaksi pada tubuh. Sekarang, penuhi kebutuhan asupan gizi anak dengan keempat jenis makanan tersebut. Dengan usaha memberikan yang terbaik untuk anak Anda, semoga si kecil senantiasa sehat. Jangan batasi aktivitas anak hanya karena kekurangan gizi dan nutrisi. Tunggu apalagi, siapkan sedari sekarang.

Komentar

Postingan Populer