Bawang Sangat Berguna Untuk Kesehatan

manfaat bawang

Dari dulu bawang memang dikenal memiliki banyak manfaat, selain untuk masakan juga sebagai obat, seperti yang mycreativepathway.com kutip dari liputan6 berikut.
Bawang merupakan bumbu dapur yang kerap ditemui dalam resep masakan Indonesia. Faktanya, tak hanya memperkaya cita rasa makanan, bawang pun memiliki beragam manfaat kesehatan bagi individu yang mengonsumsinya.

Berikut manfaat bawang bagi kesehatan, dilansir laman The Cable, Senin (9/1/2017):

1. Meningkatkan hasrat seksual

Satu sendok makan sari bawang yang dicampur dengan satu sendok sari jahe dan dikonsumsi tiga kali sehari konon bisa meningkatkan libido dan hasrat seksual.

2. Obat batuk

Mengonsumsi campuran sari bawang dan madu bisa meredakan sakit tenggorokan serta gejala batuk.

3. Mengatasi anemia

Ya, anemia bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang yang dicampur dengan sari tebu dan air. Campuran ini menambah asupan mineral pada tubuh, terutama iron atau zat besi yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah.

4. Mencegah penyebaran kanker

Bawang kaya akan senyawa aktif yang bisa menghambat penyebaran sel kanker.

Quercetain merupakan senyawa antioksidan hebat yang secara konsisten dikaitkan dengan pencegahan atau untuk mengurangi penyebaran kanker.

5. Mengatasi diabetes

Bawang mengandung chromium, mineral `ajaib` yang bisa Anda temukan dalam makanan. Mineral ini membantu tubuh mengatur kadar gula darah dan memastikan pelepasan glukosa secara perlahan dan bertahap ke otot dan sel tubuh.

6. Menyehatkan jantung

Bawang bertindak sebagai antikoagulan atau pengencer darah yang mencegah sel penggumpalan sel darah merah. Penyumbatan darah bisa berujung pada masalah jantung dan kardiovaskular.

7. Kesehatan mulut

Bawang sering digunakan untuk mencegah gigi busuk dan infeksi mulut.

Mengunyah bawang mentah selama dua hingga tiga menit berpotensi membunuh semua kuman di mulut, tenggorokan, serta bibir.

Komentar

Postingan Populer